1/10/2016

Lestarikan Burung


Tahun baru 2016 menjadi momentum bagi Paguyuban Pengamat Burung Jogja (PPBJ), bersama-sama dengan warga masyarakat di Desa Jatimulyo untuk meneguhkan tekad dalam melestarikan burung liar yang hidup di wilayah Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Dalam kegiatan bertajuk Jogja Bird Walk (JBW) yang diadakan bertepatan dengan momen tahun baru, diadakan beberapa kegiatan meliputi pendidikan konservasi burung bagi anak-anak, sarasehan, dan pengamatan burung di lingkungan desa.



Desa Jatimulyo yang berada di Pegunungan Menoreh ini memang memiliki kekayaan jenis burung yang cukup berlimpah. Tercatat ada sekitar 81 jenis burung dari kawasan ini, beberapa jenis merupakan jenis endemik Jawa, jenis dilindungi, ataupun jenis-jenis dengan sebaran terbatas. Burung-burung itu tinggal pada habitat hutan perkebunan milik masyarakat yang masih terjaga dengan baik.

Selain daya dukung lingkungan yang masih baik, masyarakat di Jatimulyo juga telah memiliki kesadaran konservasi yang baik. Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya Peraturan Desa (Perdes) tentang pelestarian lingkungan hidup yang salah satu muatannya adalah larangan memburu burung di wilayah Desa Jatimulyo. Kegiatan JBW tahun baru ini sekaligus sebagai dukungan moril para pengamat burung bagi masyarakat dalam mengawal pelaksanaan perdes tersebut.

No comments:

Post a Comment